Rabu, 30 Maret 2022

PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA PERUSAHAAN NASIONAL DAN INTERNASIONAL


 



J&T

A. SEJARAH

Jet Lee – J&T Express. Pertama ada Jet Lee, salah satu founder dari ekspedisi J&T Express. Jet Lee bekerja sama dengan Tony Chen, founder Oppo untuk membangun perusahaan ini di tahun 2015

Dimulai tepatnya pada tanggal 20 Agustus 2015. Pada hari itu secara resmi PT. Global Jet Express didirikan sekaligus meresmikan kantor pusatnya di pluit, Jakarta Utara. Meskipun perusahaan ini adalah perusahaan baru dibidang jasa pengiriman barang dan ekspedisi, namun J&T optimis akan menjadi jasa unggulan dan menjadi pilihan bagi maysarakat Indonesia.

Hadirnya J&T sebagai perusahaan baru di Indonesia telah berkomitmen siap melayani kebutuhan publik. J&T siap melayani Indonesia untuk pelayanan pengiriman cepat, nyaman dan terpercaya. Inovasi berbasis teknologi menjadi unggulannya. Kemudian, J&T memberikan pelayanan premium dengan harga murah dengan kualitas premium.


B. OMSET

Pendapatan PT Global Jet Express (J&T Express) justru meningkat hingga 40 persen selama pandemi Covid-19 4 bulan terakhir dibandingkan dengan kondisi normal, yang diperkirakan akibat peningkatan belanja daring. Chief Executive Officer J&T Express Robin Lo menuturkan performa jasa pengiriman ekspresnya sempat mengalami keterbatasan akibat pembatasan sosial di awal pandemi Covid-19 memasuki Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu pihaknya bisa menyesuaikan. “Selama 4 bulan terakhir peningkatan 40 persen pendapatan dibandingkan dengan waktu normal sebelum Covid-19. Karyawan lelah sedikit harus pakai masker, sortir barang sudah pakai desinfektan, yang penting pelanggan senang,”


C. KELEBIHAN

Pelayanan Nonstop Selama 24 Jam

Di mana, setiap harinya akan ada layanan pengiriman tanpa hari libur atau operasional kerja selama 365 hari. Menurut J&T Express Owner, perusahaan berusaha untuk komitmen dalam memberikan pelayanan berupa pengiriman setiap hari tanpa adanya pengecualian, baik hari libur nasional, tanggal merah, maupun cuti. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan pelanggan untuk mengirim barang kapanpun.


Jangkauan Wilayah di Seluruh Indonesia

J&T Express kini sudah mampu menjangkau di hampir seluruh wilayah Indonesia, bahkan sampai ke pelosok sekalipun. Di mana, ada 100 pusat pendistribusian paket atau gateway serta lebih dari 4.000 titik operasi pengantaran paket di seluruh Indonesia.

Selain itu, perusahaan ini juga memiliki lebih dari 30 ribu sumber daya manusia unggul dan terlatih di bidangnya. Ditambah ribuan armada milik J&T Express yang mendukung setiap pengiriman antar lintas pulau di Indonesia.


Pantauan Sistem Secara Real Time

Dengan adanya sistem ini, setiap pelanggan bisa melacak seluruh paket J&T Express yang sedang dikirimkan dengan cara memasukkan nomor resi pengiriman secara online, baik melalui aplikasi maupun website resminya.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa J&T Express bisa berkembang maju dalam meramaikan bisnis ekspedisi maupun logistik yang ada di Indonesia. Berkat strategi tepat yang diterapkan J&T Express Owner, perusahaan ini bisa mencapai kesuksesan sampai saat ini.


D.KARAKTERISTIK

1.  Desain Logo Berbeda

Walaupun sama-sama menggunakan warna merah pada logonya, jika dilihat secara detail ternyata ada beberapa perbedaan dari logonya.

Pada JET Express memiliki ciri khas huruf J yang lebih melengkung ke bagian depan, sedangkan huruf J pada J&T lebih tajam dan membentuk sudut siku-siku. Sementara tulisan expres pada J&T menggunakan huruf kapital seluruhnya, sedangkan JET Express menggunakan huruf kecil pada kata express-nya.

2.  Tampilan Agen Beda

Agen dari J&T terlihat lebih mewah karena selalu menggunakan billboard yang sangat besar dan mudah dilihat dari kejauhan. Selain itu, ciri khas billboardnya juga selalu menggunakan gambar Dedy Corbuzier sebagai ambasadornya untuk menarik minat pelanggan.

Untuk agen JET Express lebih sederhana dengan neon box kecil yang terkadang sulit dilihat dari kejauhan. Tampilannya juga hanya terdiri dari logo tulisan serta alamat website kecil di bawahnya.

3.  Halaman Website dan Aplikasi Beda

J&T dan Jet Express sama-sama memiliki halaman website resmi serta aplikasi Android. Walaupun keduanya memiliki aplikasi dan halaman yang didominasi warna merah, namun J&T memiliki navigasi yang lebih besar dan mudah.

Website keduanya pun berbeda karena J&T menggunakan alamat jet.co.id sedangkan JET Express mengguanakan alamat jetexpress.co.id.

4. Perbedaan Cabang

Didirikan pada Agustus tahun 2015, J&T memiliki cabang yang luas di Indonesia. Bahkan hampir semua marketplace telah bekerja sama dengan J&T sehingga mudah dikenal khalayak ramai.

Jet Express yang berdiri beberapa bulan sebelumnya, yakni pertengahan tahun 2015 memiliki cabang yang lebih sedikit. Jarang sekali ditemukan paket pengiriman Jet Express pada marketplace khususnya di daerah pelosok. Faktor inilah yang membuat jumlah pelanggan J&T jauh lebih besar dibandingkan Jet.

5. Perbedaan Layanan dan Fasilitas kepada Pelanggan

Untuk layanan dan fasilitas yang diberikan oleh kedua jasa ini sama-sama memiliki keunggulan dari adanya asuransi pada pengiriman paket yang dilakukan. Selain itu, keduanya juga memiliki keunggulan dari adanya layanan penjemputan paket yang sangat memudahkan pelanggan.



HnM





A. SEJARAH

Brand fashion H&M didirikan oleh Erling Persson seorang pengusaha asal Swedia. Pada tahun 1947, Erling Persson mendirikan sebuah toko pakaian khusus wanita yang ia beri nama “Hennes“. Ia mendirikan toko khusus pakaian wanita tersebut setelah ia kembali dari perjalanannya ke Amerika Serikat.

Sekitar tahun 1968, Erling Persson mengakuisisi toko pakaian berburu dan memancing milik Mauritz Widforss. Setelah proses merger berhasil, nama brand fashion milik Erling Persson diubah menjadi H&M, yang merupakan singkatan dari Hennes & Mauritz. Sejak saat, brand fashion milik Erling Persson tersebut juga menjual baju untuk pria.

Dalam mempromosikan koleksi-koleksi terbarunya, H&M berkolaborasi dengan selebriti-selebriti kelas dunia. Pada tahun 2007 lalu, H&M berkolaborasi dengan dua selebriti ternama yaitu Madonna dan Kylie Minogue. H&M juga pernah berkolaborasi dengan bintang sepak bola dunia asal Inggris yaitu David Beckham.

H&M memiliki gerai di 62 negara dengan jumlah toko mencapai lebih dari 4500-an. Di Indonesia saja, gerai H&M telah menyebar di berbagai kota mulai dari Jakarta, Bandung, Bali, Solo, Batam, Medan, Jogjakarta, hingga Surabaya.

 

B. OMSET

Perusahaan mode terbesar dunia asal Swedia, Hennes & Mauritz (H&M) mencatatkan laba bersih sebesar 3.6 miliar kronor Swedia atau setara US$ 423 juta pada periode 1 Januari 2014 hingga 28 Februari 2015. Laba tersebut naik 36 persen dari tahun sebelumnya.

Manajemen H&M mengatakan, pertumbuhan jumlah toko serta penjualan secara online menyebabkan peningkatan penjualan dan keuntungan di kuartal pertama. H&M

 

C. KARAKTERISTIK


1. Lihat Jahitan Produk

 

Produk H&M yang asli memilikijahitan yang rapi dan rapat. Jadi, pertama kali, saat akan membeli sebuah produk, pastikan lihat jahitannya.

Karena, sebuah brand yang besar, akan memperhatikan kualitas dari produknya. Salah satu ciri produk fashion yang bagus bisa dilihat dari jahitannya.

Biasanya, kalau produsen terkenal punya produk cacat atau jahitan kurang rapi, maka tidak akan dipasarkan. Sebab, mereka punya quality control untuk menjaga kualitas dari produk yang dijual.


2. Cek Bahan Yang Dipakai

 

Bahan yang digunakan antara produk asli dan palsu tentu akan jauh berbeda kualitasnya. Kenapa berbeda? Karena, produk asli mempertahankan kualitas, sedangkan yang palsu agar bisa jual dengan harga murah.

Kamu bisa memegang bahan yang digunakan pada produknya. Kalau pakaian, cobalah, apakah nyaman ketika dipakai atau tidak. Biasanya, bahan produk palsu akan terasa panas dan tipis.

Jika itu produk seperti tas, dompet, atau aksesoris, lihat juga bahannya. Kalau kelihatan nggak bagus, ya bisa jadi itu produk palsu.


3. Logo H&M

 

Ketika kamu membeli produk bermerk, perhatikanlah logonya. Produk asli biasanya memiliki detail logo yang bagus. Komposisi dan peletakan logo produknya pun baik.

Kalau logonya dibordir, perhatikan bordiran logonya. Produk yang asli akan memiliki bordiran yang rapi dan rata. Kalau produk palsu, logonya akan terlihat tidak rapi dan kualitas bordiran logo nggak bagus.


4. Cek Kancing Tambahan

Biasanya, produk asli menyertakan kancing tambahan untuk jaga-jaga. Jadi, kamu bisa pastikan, apakah produk yang baru dibeli terdapat kancing tambahan atau tidak.


5. Lihat Harga

Cek harga ini sebenarnya efektif banget untuk tahu produk tersebut asli atau tidak. Kalau harga yang ditawarkan terlalu murah, bisa jadi itu barang palsu.

 

D.KELEBIHAN

1. Merchandise plan

Merchandise plan merupakan sebuah proses memilih, membeli, presentasi, dan menjual, tetapi dalam kasus H&M cuman digunakan Memilih, presentasi, dan menjual. Dalam bagian selecting H&M sudah memiliki jenis produk yang uas baik itu untunk lelaki ataupun perempuan serta anak dan dewasa, untuk Presenting H&M memiliki design retail store yang simple dan informatif dimana di shop front mereka mendisplay beberapa outfit dan design design sendiri serta informasi mengenai sales, untuk design dalamnya memiliki system yang simple dan bebas untuk dikelilingi, pada akhirnya selling berdasarkan banyaknya took dan retail yang ada untuk H&M bagian selling itu dapat disebut berhasil dengan apa yang telah dilakukannya.

2. Pricing strategy

Untuk pricing strategy H&M dengan produk yang memfokuskan pada customer needs jadi pricing strategy yang mereka menggunakan adalah bersifat low price high fashion, untuk menjalankan dan memaintain strategy ini H&M menggunakan outsourcing ke negara lain untuk mengurangi labor cost serta menempatkan manufaktur dekat dengan sebuah target market contohnya menempatkan sebuah lokasi manufaktur high end dengan market negara yang memiliki demand high end seperti Europe dengan melakukan ini dapat mengurangi transportation time dan resiko pada saat shipping.

3. Promotional stategy

Untuk promotional strategy yang dilakukan H&M itu berupa Iklan di TV, Digital marketing, promo, diskon, sponsor, tidak hanya begitu tetapi H&M juga memiliki channel youtube sendiri serta mengundang fashion Blogger untuk meriview produk mereka. Selain yang dilakukan di offline retail storenya H&M juga memiliki online storenya yang berbentuk website dimana tersedia berbagai jenis produk merekan sendiri dengan sebuah design simple dan ease of access untuk digunakan para online customer, dalam website tersebut juga tersdia latest news dari H&M juga menginformasikan mengenai diskon baik pada online maupun offline store.


PRECISE





 

A. SEJARAH

Precise merupakan nama brand produk sepatu dari CV Karya Jaya Mandiri Sakti (CV.KJMS). CV KJMS berdiri pada tahun 1989, secara konsisten mengembangkan produk sepatu Precise sebagai salah satu merek sepatu lokal terbaik. Selama lebih dari 22 tahun, KJMS telah menjadi produsen sepatu yang berpengalaman. Pengalaman yang ada ditambah dengan desain yang trendi, membuat produk Precise diminati baik di pasar dalam ataupun luar negeri.

Precise selalu mengikuti perkembangan fashion, dan menggunakan teknologi terbaru, untuk setiap produk yang dihasilkannya. Produk Precise bervariasi sesuai kebutuhan mulai dari sepatu untuk olahraga, anak-anak, hingga sepatu untuk tampil bergaya. Misi dari CV KJMS adalah untuk membuat Precise sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari masyarakat, dengan menyajikan produk sepatu terbaik. Precise hadir dalam bermacam gaya, warna dan model. Mencakup semua kebutuhan usia dari anak-anak hingga dewasa. Untuk proses produksi, Precise selalu menerapkan proses 'Quality Control', untuk menjamin konsistensi mutu produk. Produk Precise dapat ditemukan di seluruh indonesia, di pusat perbelanjaan dan toko sepatu.

 

B. OMSET

'Sepatu sekolah warna hitam masih menjadi produk yang dicari sejak tahun ajaran baru kemarin sampai saat ini. Selain potongan 20 persen all item ini, kami juga masih menjalankan program special price Rp 50.000 sampai Rp 200.000 bagi sepatu keluaran lama. Namun untuk ukuran tertentu saja yang masih tersedia. Sebab program ini sejak awal banyak dipilih costumer

Produk Precise selama ini bisa berkembang dan bersaing dengan produk lainnya karena kualitas yang terus dipertahankan. Dian menyebut dari segi teknologi strobel dalam jahitan.

Hal ini membuat, Precise memiliki keunggulan bahan yang elastis, fleksibel dan mampu digunakan sampai 350.000 langkah. Angka itu di atas Standart Nasional Indonesia untuk produk sepatu yakni minimal memenuhi kekuatan penggunaan 100.000 langkah.

''Hal ini bisa ada di sepatu Precise karena dilengkapi jahitan bagian tengah yang membuat sepatu awet dan tahan lama,'' tandasnya.

 

C. KARAKTERISTIK

1. Perhatikan Harganya

Apabila Sahabat JD.ID menemukan sneakers merek terkenal namun harganya jauh dibawah standar, dapat dipastikan ini adalah jenis sepatu KW. Rata-rata harga sepatu sneakers tidak murah, tentunya kamu harus banyak survei tentang harga sepatu sneakers yang  diinginkan.

2. Pahami Isitilah Yang Digunakan Penjual

Sebetulnya hanya ada dua jenis sneakers, sepatu original atau KW. Umumnya, para penjual akan sering menggunakan istilah seperti Original, BNIB (Brand New In Box), BNWB (Brand New Without Box), hingga BNOB (Brand New Without Box).

Sedikit penjelasannya, Original BNIB adalah barang asli yang sama sekali belum dibuka dari kardusnya. Sedangkan Original BNWB adalah barang asli yang dijual tanpa menggunakan kardus, biasanya sepatu sneakers jenis ini akan dibanderol dengan harga lebih murah.

Berbeda lagi dengan Original BNOB yang merupakan sepatu asli yang tidak dalam keadaan tersegel. Selain itu akan ada juga istilah NOS (New Old Stok) yang dimana merupakan sepatu baru akan tetap stok lama, dan yang terakhir adalah BNWOT (Brand New Without Tag).

3. Perhatikan Label dan Barcode

Ini menjadi salah satu hal krusial yang harus Sahabat JD.ID lakukan saat ingin membedakan sepatu asli dan KW. Cocokan label dan barcode yang terpasang di kardus dan website resmi brand sepatu sneakers tersebut. Apabila sudah periksa label dan barcode-nya, cocokan nomor seri yang terpasang di lidah sepatu dengan yang tertera di kardus. Setelah kamu yakin keduanya sama, kunjungilah website resmi untuk memastikan lagi.

4. Perhatikan Bahan Sepatu

Sepatu sneakers original dengan harga yang cukup bikin pusing memang menjanjikan bahan yang lebih berkualitas apabila dibandingkan dengan sneakers KW. Sobat Shopee dapat mengecek solnya, umumnya sepatu sneaker KW seringnya pakai karet mentah yang memiliki warna kuning kecoklatan.

Selain itu, pola pada solnya pun berbeda dengan sepatu sneakers ori yang ada di pasaran. Sebelum membeli, tidak ada salahnya Sahabat JD.ID melakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui seperti apa rupa asli dari sepatu yang diinginkan.

Tidak usah khawatir bila Sahabat JD.ID peminat sepatu sneakers yang anti membeli barang KW, lambat laun kamu  juga akan memahami mana yang ori dan mana yang tidak hanya dengan sekali lirik.

 

D. KELEBIHAN

1. Kualitas Terbaik Sepatu merek Precise hadir dengan kualitas terbaik yang diproduksi dengan mesin. Sehingga akan menghasilkan produk yang kuat, awet, dan menghasilkan produk yang rapi. Hal ini terbukti dengan kepuasan pelanggan yang mengaku keawetan produknya tahan hingga lebih dari 2-3 tahun.

2. Banyak Pilihan Banyak model-model sepatu precise yang bisa Anda pilih di beberapa toko online ataupun website resminya. Model yang dihadirkan berdasarkan desain masa kini dan juga tren pasar. Beberapa model yang dihadirkan seperti model sepatu sneaker, sepatu running, sepatu sekolah, dan berbagai model lainnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ketinggalan jaman dengan model-model lama.

3. Harga Terjangkau Jangan tanya masalah harga yang ditawarkan Precise. Jika dibandingkan dengan produsen lain, sepatu-sepatu Precise memiliki harga yang sangat terjangkau sekali. Anda bisa mendapatkan sepatu merek Precise ini mulai dari harga 100 ribuan saja. Dengan kualitas yang terbaik, serta model masa kini, tentu harga tersebut sangat murah dan sangat terjangkau untuk kalangan kelas menengah kebawah sekalipun.

4. Proses Quality Control Dalam setiap produksinya, Precise selaly menerapkan teknik Quality Control yang akan mengontrol kualitas dari produknya. Jadi tidak perlu khawatir jika produk yang Anda dapatkan bukan yang terbaik. Selain itu, dengan adanya kontrol kualitas ini, Precise berkonsisten untuk menghadirkan produk yang berkualitas untuk pasar.



SPOTIFY





A. SEJARAH

Spotify dikembangkan pada tahun 2006 oleh tim di Spotify AB, di StockholmSwedia. Perusahaan ini didirikan oleh Daniel Ek, mantan CTO Stardoll, dan Martin Lorentzon, co-pendiri TradeDoubler. Nama Spotify berasal dari Martin Lorentzon dan Daniel Ek ketika menentukan nama dengan cara meneriakkan kata-kata potensial secara acak, kemudian Daniel Ek salah dengar "Spotify", kemudian mereka mengklaim etimologi "Spotify" berasal dari lakuran kata "spot" dan "identify"

Spotify diluncurkan pada September 2008 oleh Spotify AB, perusahaan rintisan (start up) yang berasal dari Swedia. Pada Juni 2015 Spotify memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif, termasuk sekitar 20 juta pengguna berbayar. Jumlah pelanggan berbayar mencapai 30 juta pada Maret 2016. Spotify Ltd beroperasi sebagai perusahaan induk, yang berkantor pusat di London, sementara Spotify AB menangani penelitian dan pengembangan di Stockholm.

 

 

B. OMSET

Paltform aliran musik (streaming) Spotify baru saja memecahkan rekor baru. Akhirnya, sejak berdiri pada 2006 silam, perusahaan asal Swedia itu berhasil mendapatkan untung untuk pertama kalinya. Dari laporan keuangan kuartal IV-2018, Spotify mengaku bahwa pendapatan operasional, laba bersih, dan aliran kas bebas, hasilnya semua positif. Pendapatan operasional yang diperoleh Spotify sebesar 94 juta euro (sekitar Rp 1,5 triliun) pada kuartal tersebut. Kendati demikian, Spotify telah diwanti-wanti soal kerugian yang kemungkinan akan ditanggung tahun ini, akibat upaya pengembangan melalui jalur akuisisi. Sebelumnya dilaporkan bahwa Spotify mengakuisisi dua pemain besar dalam pasar podcast.


C. KARAKTERISTIK

Desain

Tampilan Spotify dan YouTube Music sebenarnya tidak jauh berbeda. Koleksi musik yang sudah disesuaikan dengan selera pengguna ditampilkan langsung di halaman depan dan mengambil desain carousel.

Khusus untuk YouTube Music, tampilan aplikasinya memang sedikit mengingatkan dengan YouTube sebab ada sentuhan warna merah dan hitam di dalamnya, sedangkan Spotify masih didominasi warna hitam.

Secara keseluruhan, tampilan dua aplikasi ini dapat dikatakan tidak berbeda jauh. Terlebih, akses untuk menu-menu di dalam aplikasi diletakkan di bagian bawah, sehingga rasanya hampir serupa.

Biaya Berlangganan

Tarif paket berlangganan kedua layanan ini sama, yakni sekitar Rp 49 ribu per bulan, belum ditambah biaya lain. Meski menawarkan paket berlangganan, baik YouTube Music dan Spotify sama-sama dapat digunakan secara gratis.

Untuk Spotify, pengguna gratis diberi batasan tidak dapat memainkan lagu secara spesifik sebab lagu dalam album atau daftar putar dimainkan secara acak. Kendati demikian, penguna diberi kesempatan untuk melewatkan (skip) lagu dengan jatah 6 kali tiap jamnya.

Konten

Beralih ke konten, baik YouTube Music maupun Spotify jelas memiliki andalannya masing-masing. Meski sama-sama aplikasi streaming musik, ada konten yang tersedia di YouTube Music, tetapi tidak ada di Spotify. Begitu pula sebaliknya.

Sesuai namanya, YouTube Music mengandalkan kehadiran video musik sebagai bagian dari koleksinya. Hal yang tidak ditemukan di Spotify, meskipun aplikasi itu kini mampu menampilkan video pendek sebagai ilustrasi saat sebuah lagu diputar.

Jadi, pengguna YouTube Music memungkinkan pengguna memilih untuk menonton video atau mendengarkan lagunya saja. Opsi itu tersedia langsung dan dapat dengan mudah diakses pengguna.

Sementara di Spotify, konten lain yang dapat diakses oleh pengguna adalah podcast. Konten ini tidak tersedia di YouTube Music sebab Google sebenarnya punya layanan lain khusus untuk podcast.

Selain itu, hampir seluruh konten Spotify merupakan rilis resmi dari musisi atau label musik. Itu berbeda dari YouTube Music yang koleksinya terintegrasi dengan YouTube, sehingga konten tidak melulu dari musisi resmi, tetapi juga dari pengguna lain, seperti cover lagu atau mashup.

Fitur Mixtape

Kedua aplikasi ini sudah didukung dengan fitur yang memungkinkan penggunanya menemukan beragam musik baru termasuk dari musisi yang mungkin belum pernah didengarnya. Sebab, keduanya sudah menawarkan fitur mixtape.

Dalam hal ini, Spotify sudah didukung dengan tim kurator musik yang biasanya membantu membuat playlist berdasarkan genre atau mood. Hal serupa juga bisa didapatkan dari YouTube Music.

Hal yang membedakan, algoritma Spotify memiliki kemampuan kurasi playlist harian atau mingguan untuk penggunanya. Bahkan, aplikasi ini dapat membuatkan playlist berdasarkan musik yang didengarkan pengguna.

Sementara di YouTube Music, kurasi semacam ini masih terbatas. Pengguna memang dapat menemukan deretan playlist yang dibagi berdasarkan kategori, tetapi opsi mendengarkan playlist yang dibuat berdasarkan kebiasaan mendengar pengguna masih sedikit.

Audio

Beralih ke kualitas audio, Spotify mampu memutar konten hingga 320kbps AAC, sementara YouTube Music dapat memainkan konten hingga 256kbps AAC. Namun khusus untuk Spotify, kualitas tersebut hanya dapat dinikmati pengguna premium.

Sementara untuk kualitas paling rendah, YouTube Music mampu memainkan konten dengan 48kbps AAC. Adapun kualitas terendah di YouTube Music adalah konten 96kbps.

Dengan perbedaan itu, masing-masing aplikasi sebenarnya menawarkan pendekatan berbeda. Pengguna yang ingin menghemat data dapat memilih YouTube Music, sementara pengguna yang cukup memikirkan kualitas audio tinggi bisa memakai Spotify.

 

D. KELEBIHAN

1. Pamer playlist

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan daftar playlist kerennya dengan mudah.


2. Radio streaming

Ini kerennya aplikasi ini, kamu bisa mendengarkan musik di radio yang telah disusun berdasarkan genre ataupun dekade tertentu.

Bahkan, radio streaming yang ditawarkan Spotify ini tak akan ada jeda iklan dan tak ada penyiarnya loh.


3. Lengkap

Spotify memiliki koleksi lebih dari 30 juta lagu yang bisa kamu dengarkan secara gratis.

Lagunya juga terdiri dari beraneka ragam genre serta penyanyi baik yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri.


4. Premium yang murah

Nah, ini yang biasanya jadi bahan pertimbangan para pecinta lagu tanah air.

Bagaimana tidak, untuk kamu yang memiliki versi berbayar aplikasi ini kamu akan sangat diuntungkan dengan sistemnya.

Pasalnya, Spotify memberikan kebebasan download penggunanya dengan sistem bayar per-bulan bukan per-download


Daftar Pustaka

https://tekno.kompas.com/read/2019/02/08/15330017/pertama-dalam-13-tahun-spotify-raup-untung

https://id.wikipedia.org/wiki/Spotify#:~:text=Spotify%20dikembangkan%20pada%20tahun%202006,Lorentzon%2C%20co%2Dpendiri%20TradeDoubler

https://nextren.grid.id/read/0122814/ini-4-kelebihan-spotify-yang-membuatnya-punya-70-juta-pelanggan?page=all

https://www.merdeka.com/teknologi/ini-perbedaan-antara-spotify-dan-youtube-music-pilih-mana.html

https://artikel.pricearea.com/sepatu-precise-sepatu-berkualitas-dengan-model-masa-kini/

https://www.jd.id/news/insight/fashion-pria/pahami-cara-membedakan-sneakers-asli-dan-kw-dengan-tips-berikut-ini/

https://www.fimela.com/lifestyle/read/3714737/precise-sepatu-desain-trendi

https://www.solopos.com/jangan-bingung-ini-beda-jt-dan-jet-express-1259268#:~:text=Pada%20JET%20Express%20memiliki%20ciri,kecil%20pada%20kata%20express%2Dnya

https://bbs.binus.ac.id/gbm/2021/01/21/hm-apa-yang-membuat-brand-itu-sukses/

https://masfikr.com/cara-membedakan-hm-asli-dan-palsu/

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150325074957-92-41626/hingga-februari-hm-cetak-laba-bersih-us-423-juta

https://retailfilosofi.com/sejarah-brand-fashion-hm/

https://ajaib.co.id/mengenal-jt-express-owner-kesuksesan-perusahaan-ekspedisi/

https://ekonomi.bisnis.com/read/20200825/98/1282951/selama-pandemi-pendapatan-jt-express-naik-40-persen

https://thidiweb.com/sejarah-jnt/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian ALGORITMA DDA, BRESENHAM DAN MIDPOINT CIRCLE

  ALGORITMA DDA (Digital Differential Analyzer) DDA adalah algoritma pembentukan garis berdasarkan perhitungan Δx dan Δy,  menggunakan rumus...